Tertarik Investasi Barang Branded, Kenali Dulu Seluk Beluk Hingga Tips dan Triknya

Barang-barang mewah bermerek kini menjadi salah satu sarana investasi. Kita sering melihat banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang dari merek ternama.

Mungkin sebagian orang akan menganggapnya hanya buang-buang uang demi gengsi. Cara berpikir ini tentu tidak salah.

Menurut perencana keuangan My Financial Rista Zwestika R CFP, barang-barang bermerek atau mewah digunakan untuk memberi kesan bahwa seseorang memiliki harga diri yang lebih baik.

Berbicara tentang barang branded atau barang mewah tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Ada yang percaya bahwa kemewahan atau branding adalah manifestasi dari prestise dan sarana untuk menunjukkan diri kepada lingkungan sosial, ”katanya.

Namun, ada satu hal yang tidak diketahui orang. Ternyata Mark atau barang mewah juga bisa dijadikan investasi.

Barang-barang tersebut dapat dijadikan sebagai investasi karena memiliki nilai yang tinggi. Menurut Rista, ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai barang bermerek atau mewah sehingga nilainya bisa cukup tinggi, antara lain:

1. Produk Terbatas (Limited)

Perusahaan yang memproduksi barang-barang bermerek cenderung hanya mengeluarkan produknya dalam jumlah kecil dan dapat bervariasi dari satu negara ke negara lain. Begitu banyak orang akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya.

2. Kualitas produk bagus

Proses pembuatan barang bermerek atau mewah umumnya lebih kompleks daripada produksi rumah atau pakaian jadi. Pemilihan bahan untuk barang-barang tersebut juga didasarkan pada kualitas terbaik.

Ditambah dengan desain artikel ini yang tentunya menambah nilai estetika. Perancang juga dapat mempengaruhi nilai barang tersebut. Jika perancangnya adalah seorang selebriti, itu akan bernilai lebih dari perancang pada umumnya.

3. Jumlah penggemar

Tidak bisa dipungkiri banyak peminat barang branded dan barang mewah. Semakin banyak peminat untuk merek atau merek tertentu, semakin yakin bahwa mereka, sebagai pembeli, akan tetap setia pada merek atau barang dagangan merek itu sendiri.

Tips dan trik berinvestasi barang branded

Rista juga menjelaskan bahwa jika kita ingin mendapatkan keuntungan, kita juga perlu melihat nilai dari sebuah brand merchandise untuk diinvestasikan.

Terus lihat pertumbuhan nilai komoditas tersebut (tingkat pertumbuhan). Tidak ada perhitungan khusus untuk ini selama branded item yang dipilih memenuhi faktor sebelumnya,” kata Rista.

Leave a Reply

Your email address will not be published.