Sejumlah Jabatan Fungsional PNS Bakal Dihilangkan, Ini Bocorannya!

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengevaluasi jabatan fungsional Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PNS. Karena perkembangan teknologi digital, sejumlah profesi mulai tergantikan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana dalam acara Silaturahmi Kepegawaian Nasional 2022, Kamis (21 Juli 2022).

Saya sekarang harus mengevaluasi posisi fungsional. Misalnya, apakah institusi komputer masih dibutuhkan? Karena lembaga komputasi sebenarnya hanyalah operator entri data. Atau apakah mereka telah diubah sama sekali? Apa itu?” kata Bima.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Menurutnya, institusi komputer bisa disulap menjadi pekerjaan lain, misalnya virtual designer, artificial designer, artificial intelligence engineer, big data analyst, yang artinya semakin banyak institusi komputer.

Dia menetapkan bahwa pekerjaan administrator komputer harus menjadi keterampilan yang harus dimiliki oleh pegawai negeri. Oleh karena itu, petugas harus menguasai keterampilan dasar tersebut.

Tak hanya itu, posisi berikutnya yang kemungkinan besar akan hilang dalam fungsi pejabat adalah staf administrasi. Posisi ini juga akan digantikan oleh teknologi digital.

Apakah kita membutuhkan staf administrasi? Bisa diganti dengan digital,” imbuhnya.

Jadi, menurut Bima, teknologi digital tidak hanya mengubah gaya kerja, tetapi juga menggantikan dan menggantikan sejumlah pekerjaan PNS.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Dalam paparannya, Bima mengenang pejabat yang mengaku kesulitan menggunakan teknologi digital. Hal ini menunjukkan bahwa PNS tidak mau belajar, padahal menguasai teknologi digital adalah suatu keharusan di zaman sekarang ini.

“Alasannya ‘kami sudah tua, katanya’. Pertama, dia tidak mampu, dia tidak mau belajar. Kedua, kami tidak bisa berharap pada orang yang tidak mau melakukan perubahan lagi,” pungkasnya. .

Leave a Reply

Your email address will not be published.