Menhub Budi Karya Sebut Masyarakat Sengaja Mudik Duluan karena Harga Tiketnya Lebih Murah

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Minggu (24 April 2022). Dalam pemeriksaannya, Menteri Perhubungan memberikan penghormatan kepada masyarakat yang mendukung anjuran pemerintah untuk pulang lebih awal guna menghindari kepadatan penduduk saat puncak musim liburan.

Lalu lintas penumpang di Bandara Soekarno Hatta dulu sekitar 400 penumpang per hari. Namun dalam dua hari ini meningkat menjadi 900 penumpang per hari. Pemanfaatannya hampir 100 persen. Artinya anjuran pulang lebih awal sudah dipenuhi,” jelas Menhub.

Menteri Perhubungan mengungkapkan, dirinya sempat menanyakan sejumlah penumpang alasan pulang lebih awal.

Penumpang yang sengaja pulang lebih awal mengatakan, selain menghindari kepadatan di hari-hari sibuk, harga tiketnya juga lebih murah,” kata Menhub.

Dalam pemeriksaannya, Menhub menyampaikan rapat gabungan pejabat di Bandara Soekarno Hatta yang terdiri dari berbagai unsur, yaitu: Otoritas Bandar Udara Kementerian Perhubungan, Angkasa Pura II, Airnaväne, Bea Cukai, TNI, Perkantoran, Polri dan lainnya. yang terkait.

Menhub menjelaskan aspek keselamatan penting untuk dipersiapkan. Mulai dari pemeriksaan kelaikan udara pesawat hingga kontrol apron dan pemeriksaan kesehatan awak pesawat. Selain itu, ketersediaan armada pesawat, serta kajian persyaratan kesehatan dan verifikasi penerapan protokol kesehatan juga relevan.

Menhub meyakini dengan koordinasi dan komunikasi yang baik antar elemen terkait, pelaksanaan mudik tahun ini dapat terlaksana dengan baik, seperti yang dilakukan Flugrah beberapa waktu lalu.

“Kepada pejabat, perbaiki, tapi tetap sopan, baik, dan layani dengan baik. Mari bersama-sama ciptakan mudik yang aman dan sehat,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan pergerakan penumpang udara jelang Lebaran terus meningkat. Tahun 2019 sekitar 1.200 penumpang per hari, sekarang menjadi 900 penumpang. Diperkirakan akan mencapai 1.200 hingga 1.300 penumpang per hari menjelang Lebaran,” ujarnya.

Dia menambahkan, karena peningkatan jumlah penumpang, sejumlah maskapai telah mengajukan permintaan penerbangan tambahan. Selain itu, operasional bandara telah dioptimalkan dari 12 jam menjadi 18 hingga 24 jam untuk mencegah peningkatan penumpang.

Mudik tahun ini diprediksi akan membuat hingga 8,9 juta orang pulang dengan pesawat, atau sekitar 10 persen dari total mereka yang kembali, sementara 85,5 orang kaya diperkirakan akan meninggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.