KPPU: Gak Ada Alasan Minyak Goreng Tidak Ada Stok

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyoroti klaim kelangkaan minyak goreng rumah tangga. Berdasarkan data yang diumumkan Badan Ketahanan Pangan, Komisioner KPPU Chandra Setiawan mengatakan perkiraan produksi minyak harus cukup untuk menutupi konsumsi masyarakat.

Diperkirakan minyak goreng ini menghasilkan 3,2 juta ton. Total ketersediaan sekarang 3,8 juta ton dan permintaan dari Januari hingga Juni 3,1 juta ton. Juga, tidak ada alasan untuk tidak memiliki inventaris ketika kita melihat angka itu,” kata Chandra saat ditemui di kantornya Jakarta Pusat, Kami, pada 28 April 2022.

KPPU saat ini sedang menyelidiki dugaan praktik persaingan tidak sehat di industri minyak nabati. KPPU menemukan bukti adanya kartel yang menaikkan harga minyak goreng di pasaran hingga sempat menipis sejak awal tahun.

Dugaan kartel dipengaruhi oleh budaya oligopoli pasar minyak goreng. Data Consent Rate (CR) KPPU tahun 2019 menunjukkan empat industri besar minyak nabati menguasai lebih dari 40 persen pangsa industri di Indonesia.

Investigasi atas tuduhan tersebut sedang berlangsung dan statusnya telah dinaikkan ke tindakan hukum. KPPU mendorong lembaga lain untuk menyelidiki penyebab kelangkaan pasokan untuk kemungkinan penimbunan ketika pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) pada saat yang bersamaan.

Chandra mengatakan KPPU juga akan melihat dampak dari kebijakan pelarangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) pemerintah untuk mengatasi masalah komoditas. Karena penutupan keran ekspor seharusnya menekan harga minyak sawit di tingkat petani atau tandan buah segar (TBS).

Yang juga harus dilihat adalah perkembangan harga di tingkat petani. Adalah kedudukan pelaku ekonomi yang membeli produk pertanian yang harganya wajar. Kita lihat saja, hanya ada satu pengumuman (larangan ekspor), hanya (harga TBS) yang turun 50 persen,” ujarnya.

KPPU, kata dia, memiliki pekerjaan rumah untuk memantau harga TBS sawit sebagai bahan baku minyak goreng. Pemantauan terutama dilakukan di daerah penghasil plasma.

Leave a Reply

Your email address will not be published.