Kapitalisasi Pasar Raksasa Teknologi Susut Rp 14.546 Triliun dalam Tiga Hari Perdagangan

Perusahaan teknologi terbesar di dunia itu mengalami koreksi modalisasi pasar lebih dari $1 miliar atau sekitar Rp14.546 miliar (dengan asumsi nilai tukar Rp14.546 per dolar AS) hanya dalam tiga sesi perdagangan.

Saham telah dijual sejak bank sentral Amerika Serikat (AS) atau Federal Reserve menaikkan suku bunga acuan mereka pekan lalu. Namun, sektor teknologi telah terpukul lebih keras daripada sektor ekonomi lainnya.

Ocean CNBC, investor sekarang kurang tertarik pada apa yang mendorong bisnis selama pasar bullish yang kuat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk selama pandemi. Investor sekarang memompa lebih banyak uang ke kantong pasar yang lebih aman, termasuk bahan pokok seperti Campbell Soup, General Mills dan J.M. penyelundup.

Apple, perusahaan publik paling berharga di dunia, telah kehilangan $220 miliar dalam modalitas pasar sejak penutupan pada Rabu pekan lalu, karena Ketua Fed Jerome Powell mengatakan inflasi terlalu tinggi untuk itu dan selalu dengan persentase poin yang lebih tinggi.

Pasar saham awalnya naik karena komentar Powell, tetapi optimisme itu memudar di hari-hari berikutnya. Saham rebound Kamis, mengukur koreksi Jumat dan bahkan lebih rendah pada Senin, 9 Mei 2022.

Di antara bidang-bidang itu, indeks saham AS S&P 500 tergelincir di bawah 4.000 pada hari Senin setelah jatuh 7 persen sejak penutupan Rabu, sedangkan Invesco Nasdaq 100 ETF turun hampir 10 persen pada periode yang sama.

Di bawah ini adalah daftar koreksi besar lainnya selama tiga hari perdagangan terakhir:

-Microsoft telah kehilangan kapitalisasi pasarnya sekitar USD 189 miliar untuk pesanan senilai Rp 2.750 miliar

– Penurunan kapitalisasi pasar Tesla tercatat menjadi USD 199 juta atau saat ini Rs 2,895 miliar, beberapa bulan setelah valuasi perusahaan turun di bawah USD 1 miliar.

– Kapitalisasi pasar Amazon turun USD 173 miliar atau sekitar Rp 2.517 miliar

Alphabet, perusahaan induk Google, bernilai $123 miliar, atau 1.790 miliar rupee, turun dari pekan lalu.

-Kapitalisasi pasar pembuat kartu grafis Nvidia turun menjadi USD 85 miliar – pesanan mencapai Rs 1,237 miliar

-Perusahaan induk Facebook, Meta Platforms, telah kehilangan modalisasi pasar sebesar USD 70 miliar untuk menjalankan pesanan Rs 1,018 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.