Ganggu Idul Adha, Wabah PMK Diprediksi Baru Bisa Selesai Paling Cepat 2 Tahun

Penyebaran wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) pada ternak juga telah mengganggu perayaan Idul Adha tahun 2022. Tak hanya itu, konon penyebaran wabah PMK hanya bisa teratasi dalam kurun waktu minimal 2 tahun.

Baca Juga :
Jual Saldo Paypal
Jual Beli Saldo Paypal
Saldo Paypal Terpercaya

Waktu tercepat untuk menghentikan penyebarannya adalah 2-3 tahun,” kata Profesor Fakultas Pertanian IPB Dwi Andreas Santosa kepada Liputan6.com, Kamis (30/6/2022).

Perkiraan tersebut muncul karena wabah PMK terus menyebar meskipun ada promosi program vaksinasi. Menurut data terbaru dari standbypmk.id Kementerian Pertanian, wabah PMK telah menyebar ke 223 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Andreas bahwa salah satu cara jangka pendek agar perayaan Idul Adha lebih aman dari PMK adalah dengan menerapkan lockdown wilayah.

Tentu saja, proses pengangkutan hewan antar daerah dan harus sangat diperketat. Sebenarnya ternak yang berasal dari ternak yang sudah positif tidak boleh digembok di daerah yang masih negatif,” jelasnya.

Mengapa? Karena hewan yang bertemu saat Idul Adha, seperti manusia, lebih cepat menyebar,” tambahnya.

Baca juga :
Jasa Pbn Premium
Jasa Pbn Berkualitas
Jasa Pbn

Sebelum Hari Kurban, ia mengingatkan, pengangkutan ternak antar kota sebaiknya hanya dilakukan untuk wilayah yang masih berada di zona hijau.

Area merah tidak diperbolehkan, meskipun ternaknya sehat, tidak diperbolehkan sama sekali. Karena sehat kita tidak bisa jamin dia tidak PMK. Karena dia bisa menjadi carrier tanpa menunjukkan gejala,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.