Candi Borobudur Siap Sambut Wisatawan saat Libur Lebaran 2022

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan kawasan wisata Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, siap dikunjungi wisatawan selama musim liburan Idul Fitri 1443 H/2022. Dengan latar belakang tersebut, KEGIATAN untuk menyiapkan infrastruktur di objek wisata sejarah disiapkan.

Sebelumnya saya mendengar pernyataan bahwa semua dukungan infrastruktur telah diberikan 100 persen. Kecuali relokasi pedagang (UMKM) di Kujon,” kata Wakil Presiden Ma’ruf dalam keterangannya, Sabtu (30,4).

Wakil Presiden Ma’ruf memprediksi kunjungan wisatawan akan cukup tinggi pada musim liburan Idul Fitri tahun ini. Karena pemerintah mengizinkan perayaan mudik tahun ini setelah dua tahun terakhir, berdampak pada peningkatan kasus Covid-19.

Diperkirakan AKAN banyak pengunjung, sehingga sudah disiapkan dari gerbang masuk hingga berbagai fasilitas. Ekosistemnya berkembang sangat baik sebagai destinasi yang lebih besar, juga sebagai daya tarik wisata, tempat pengembangan UMKM,” kata Wakil Presiden Ma’ruf.

Dianatar Kusumastuti, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, mengatakan sedang disiapkan pekerjaan penataan Kampung Seni Kujon yang meliputi lahan parkir dan pedagang kaki lima dari Zona 2 di Kompleks Candi Borobudur 4 hingga Zona 3 di Kompleks Candi Borobudur. Kampung Seni Kujon Lapangan dengan luas 10,74 hektar untuk ditempati. . Pemindahan lahan parkir dan pedagang kaki lima ke Kampung Seni Kujon merupakan upaya melestarikan Zona 2 kawasan candi Borobudur.

Dengan demikian, Zona 2 dapat berfungsi secara optimal sebagai sabuk hijau dan zona penyangga untuk mendukung pelestarian Candi Borobudur dan sebagai ruang budaya kreatif, pengembangan kerajinan lokal dan ruang pendidikan bagi pengunjung, ”jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.